7 Cara Mengobati Luka Bakar Dengan Bahan Alami

On Saturday, May 2nd, 2015 Categories : Kesehatan
Advertisement

cara mengobati luka bakarCara Mengobati Luka BakarHampir semua orang pasti pernah mengalami yang namanya luka bakar. Hanya saja mungkin tingkat keparahanya yang berbeda. Luka bakar sendiri terjadi karena beberapa faktor seperti terkena paparan panas, terkena zat kimia, radiasi, listrik atau bisa juga karena terkena gesekan. Tingkat keparahannya untuk luka bakar sendiri biasanya di bagi menjadi derajat 1 hingga 3, semakin tinggi derajatnya maka luka bakarnya juga akan semakin panas. Gejala yang muncul akibat luka bakar ini juga tergantung dari tingkat keparahanya, bisa menjadi melepuh, berwarna merah hingga kehitaman, menimbulkan rasa nyeri dan sakit bahkan hingga gosong. Yang paling dikhawatirkan saat terkena luka bakar disamping kematian tentunya juga bekas yang ditimbulkan. Salah satu cara untuk mengurangi bekas yang tidak terlihat parah adalah dengan memberikan penanganan yang tepat.

Jika suatu saat anda mengalami luka bakar ada baiknya untuk melakukan beberapa pengobatan berikut ini ;

1. Air

Saat terkena sesuatu yang panas segeralah untuk mencari air dingin, dan usahakan untuk mencari air yang mengalir, alirkan air tersebut secara terus menerus pada bagian tubuh yang terbakar hingga terasa dingin. Jika di tempat tertutup terlebih dahulu hilangkan segala barang yang melekat dan menutupi luka bakar tersebut.

2. Teh

Untuk membantu penyembuhan luka bakar ringan dan tidak ada luka yang terbuka anda dapat menggunakan teh. Adanya kandungan asam tannic di dalam teh dapat berperan dalam meringankan rasa sakit yang ditimbulkan akibat luka bakar tersebut.

3. Lidah buaya

Tanaman yang satu ini memang memiliki berjuta khasiat. Sehingga tak heran juga jika lidah buaya juga memiliki peran dalam meredam rasa panas dan rasa sakit akibat luka bakar. Ambil beberapa batang lidah buaya selanjutnya belah pada bagain tengah dan letakkan ada luka yang terbakar.

4. Susu dan yogurt

Tehnik pengobatan yang satu ini memang terbilang populer untuk mengobati luka bakar. Namun sebelum anda menuangkannya , anda harus mengecek terlebih dahulu bahwa yogurt dan susu tersebut tidak mengandung lemak. Jika telah dipastikan maka anda dapat menuangkan pada bagian yang luka.

5. Madu

Madu merupakan produk alam yang terbilang ajaib, karena memang ia memiliki berjuta khasiat untuk kebaikan manusia. Hanya dengan mengoleskan madu asli pada bagian luka bakar di bagian tubuh anda, maka proses penyembuhannya juga bisa semakin cepat.

6. Kulit pisang

Mungkin cara yang satu ini jarang didengar namun memang ternyata kulit pisang dipercaya dapat mengurangi rasa sakit dan dapat mengobati luka bakar. Caranya dengan meletakkan kulit pisang tersebut di atas bagian luka, dan tunggu hingga kulit pisang tersebut berubah menjadi hitam baru anda mengangkatnya.

7.  Jangan lakukan beberapa hal berikut ini disaat anda terkena luka bakar

  • Jika luka bakar anda memunculkan gelembung pada bagian kulit, ada baiknya jika anda tidak membuatnya meletus. Biarkan saja hingga ia mengering sendiri.
  • Jangan mengoleskan beberapa barang yang seringkali dianggap dapat mengurangi luka bakar seperti kecap, pasta gigi, minyak tanah atau bensin. Karena ternyata hal tersebut merupakan anggapan yang salah kaprah di lingkungan masyarakat kita.

Jika memang luka bakar yang anda derita merupakan luka bakar yang parah, ada baiknya jika membawanya ke dokter. Namun untuk pertolongan pertamanya anda dapat melakukan langkah nomor satu diatas.

Semoga artikel 7 Cara Mengobati Luka Bakar Dengan Bahan Alami diatas bermanfaat untuk Anda 🙂

Incoming search terms:

  • bekas luka bakar yang meletus dan tidak meletus
  • cara mengobati gelembung luka yg meletus secara alami
Advertisement
Leave a Reply