7 Penyebab Telat Datang Bulan Yang Harus Anda Ketahui

On Monday, November 23rd, 2015 Categories : Kesehatan
Advertisement

Penyebab Telat Datang BulanPenyebab Telat Datang Bulan – Pastinya semua wanita akan merasa resah dan gelisah jika mengalami telat datang bulan atau haid. Karena walaupun sedang telat datang bulan, tetapi berbagai tanda dan gejalanya tetap terasa dan dapat membuat mereka merasa tidak nyaman. Bahkan pada saat berlangsungnya haid, biasanya sering disertai dengan rasa sakit yang pastinya dapat membuat para kaum wanita sangat menderita. Selain itu, banyak para wanita yang juga sering merasa ketakutan jika gangguan tersebut disebabkan oleh karena penyakit tertentu.

Siklus Haid Normal

Siklus haid yang normal biasanya bisa terjadi 11 sampai dengan 13 kali dalam satu tahun, sehingga setiap bulan wanita akan mendapatkan siklus menstruasi secara rutin setiap bulannya tanpa mengalami telat dan juga gangguan lainnya. Periode pada saat datangnya masa menstruasi ini dapat berbeda-beda pada setiap wanita, biasanya masa menstruasi ini dapat berlangsung selama 3 sampai dengan 7 hari. Rentang waktu normal siklus menstruasi ini biasanya dapat terjadi selama 28 hari setiap bulannya, namun bagi wanita yang sudah dewasa dapat memiliki rentang waktu antara 21 sampai dengan 35 hari pada setiap bulannya. Sedangkan para remaja dapat memiliki siklus atau rentang waktu yang lebih dari 35 hari pada setiap bulannya dan beberapa kondisi ini termasuk kondisi yang terbilang normal. Hampir semua wanita yang sering merasa cemas pada saat mengalami telat datang bulan, karena mereka merasa khawatir jika kondisi tersebut merupakan tanda yang tidak normal dan dapat terjadi masalah pada sisitem reproduksinya.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab telat datang bulan, diantaranya yaitu :

  1. Berat badan

Pada umumnya, terjadinya siklus haid yang tidak normal dapat disebabkan oleh karena memiliki masalah dengan berat badan, baik itu berat badan yang berlebih ataupun terlalu kurus. Hal ini dikarenakan, berat badan juga sangat mempengaruhi pada seluruh sistem dalam proses produksi hormon di dalam tubuh yang terutama pada hormon estrogen.

  1. Sering melakukan aktivitas olahraga secara berlebihan

Bagi para kaum wanita yang sering melakukan aktivitas olahraga atau aktivitas fisik yang berlebihan, maka dapat menyebabkan terjadinya siklus haid yang tidak normal. Hal ini dikarenakan, aktivitas tubuh yang terlalu berat dapat menyebabkan terjadinya tekanan pada rahim dan juga beberapa organ yang ada di sekitarnya. Selain itu, aktivitas yang terlalu berat pun dapat mempengaruhi pada proses produksi hormon estrogen yang dapat membuat tidak adanya ovulasi.

  1. Sering mengalami stres

Gangguan pada siklus menstruasi ini dapat terjadi pada kaum wanita yang sering mengalami stres, sehingga dapat menyebabkan salah satu bagian otak yang bernama hipotalamus tidak dapat bekerja dengan baik. Hipotalamus ini dapat bekerja untuk membuat sistem khusus dalam memproduksi suatu hormon, jadi jika wanita sedang mengalami stress maka pada salah satu bagian otak ini tidak dapat bekerja dengan baik dan akhirnya dapat mengganggu siklus menstruasi.

  1. Terjadi gangguan pada kelenjar tiroid

Letak dari kelenjar tiroid ini berada pada bagian leher yang dapat bekerja untuk mengatur sistem metabolisme di dalam tubuh. Jika kelenjar tiroid ini mengalami gangguan, maka sistem metabolisme di dalam tubuh tidak akan dapat bekerja dengan baik dan akhirnya membuat siklus mentruasi menjadi tidak normal.

  1. Terdapat penyakit pada ovarium

Terjadinya gangguan pada siklus haid yang tidak teratur juga dapat disebabkan oleh karena adanya jenis penyakit pada ovarium, sehingga biasanya dapat mempengaruhi pada organ reproduksi yang tidak mampu untuk melakukan proses ovulasi. Maka, semua sistem hormon di dalam tubuh akan menjadi kacau dan dapat mengganggu siklus menstruasi atau bahkan tidak mendapatkan menstruasi sama sekali. Gejala yang dapat ditimbulkan pada penyakit ini yaitu akan tumbuhnya bulu atau rambut di area wajah dan juga dada.

  1. Pemakaian alat kontrasepsi

Bagi para kaum wanita yang sudah berkeluarga dan menggunakan alat kontrasepsi, terjadinya gangguan pada siklus haid memang terbilang wajar dan normal. Dari sekian banyak jenis alat kontrasepsi, terdapat beberapa jenis alat kontrasepsi yang dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur seperti penggunaan pil KB, KB suntik dan juga IUD. Namun beberapa wanita bahkan mengeluhkan jika gangguan tersebut tidak hilang setelah melepaskan pamakaian alat kontrasepsi tersebut.

  1. Menopouse tingkat awal

Pastinya setiap wanita akan dapat mengalami masa menopause, tetapi masa ini biasanya hanya dapat terjadi pada saat usia sudah mencapai lebih dari 60 tahun. Tetapi sebagian wanita bahkan ada yang mengalami menopouse pada usia dibawah 40 tahun, gejala yang ditimbulkan pada kelainan ini yaitu seperti vagina kering, sering muncul keputihan dan juga sering berkeringat di malam hari. Jika anda mengalami kelainan tersebut, sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan anda pada dokter agar segera mendapatkan perawatan secara medis, karena harus segera diketahui faktor penyebabnya dan jenis penyakit yang kemungkinan dapat terjadi.

Nah, itulah beberapa penyebab telat datang bulan yang penting untuk anda ketahui, ladies…!!!

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa. 🙂

Advertisement
Leave a Reply