Panduan Pertolongan Pertama Untuk Gigitan Ular

On Friday, May 8th, 2015 Categories : Kesehatan

Pertolongan pertama pada gigitan ularPertolongan Pertama Pada Gigitan UlarBiasanya ketika seseorang terkena gigitan ular, kebanyakan akan merasa panik. Karena memang ular yang menggigit merupakan ular yang tergolong berbisa. Seperti yang kita saat ular berbisa menggigit kita, maka bisa jadi nyawa kita sedang dalam keadaan bahaya. Bahkan banyak kasus terjadi orang yang meninggal dalam waktu yang relatif cepat karena gigitan ular berbisa. Tapi tetap ketika sedang tergigit ular kita tidak diperbolehkan untuk panik. Saat seseorang panik, maka ia cenderung tidak bisa berpikir rasional, dan hal tersebut bisa jadi memberikan dampak yang lebih buruk lagi. Yang harus dilakukan saat tergigit ular yang berbisa yang paling penting adalah pertolongan pertama yang kita lakukan.

Namun sebelum anda melakukan pertolongan pertama terhadap gigitan ular, yang paling penting adalah mengenali terlebih dahulu apakah ular yang menggigit tersebut termasuk ular yang berbisa atau tidak. Untuk mengetahui apakah ular tersebut berbisa atau tidak dapat dilihat dari beberapa ciri khas yang dimiliki seperti :

  1. Bekas gigitan dari ular yang berbisa biasanya akan meninggalkan bekas 2 titik, dan ular yang tidak berbisa biasanya akan meninggalkan bekas luka yang berbentuk seperti huruf U dengan jumlah luka yang banyak.
  2. Saat digigit oleh ular berbisa biasanya akan meninggalkan rasa nyeri serta disertai dengan adanya perubahan warna yang terjadi pada kulit beberapa saat setelah di gigit bahkan kadang disertai dengan bengkak. Semakin berbisa ular yang menggigit, maka akan semakin cepat pula reaksinya.
  3. Ciri lainnya yang dapat dilihat adalah dengan mengenali warna kulit dari ular tersebut. Ular yang berbisa cenderung memiliki warna kulit yang lebih terang serta mengkilap. Biasanya juga memiliki warna kulit yang sangat menarik karena mencolok.
  4. Bentuk kepala ular yang berbisa biasanya berbentuk runcing seperti segitiga. Sedangkan yang tidak berbisa cenderung lonjong.

Apabila anda atau orang-orang disekitar anda tergigit ular yang berbisa maka lakukanlah pertolongan pertama untuk gigitan ular berikut ini :

  1. Saat terkena gigitan ular, tetaplah bersikap tenang dan jangan panik.
  2. Diamkan daerah yang terkena gigitan ular tersebut. Jangan malah digerak-gerakkan. Dengan cara mendiamkannya, maka diharapkan bisa ular tersebut tidak akan semakin menyebar.
  3. Jika di area yang tergigit ular terdapat perhiasan seperti cincin atau gelang lebih baik segera dilepaskan. Hal ini untuk menghindari jika area tersebut bengkak, sehingga akan lebih sulit untuk melepaskan nantinya.
  4. Posisikan area yang terkena gigitan ular berada di posisi lebih rendah daripada jantung agar bisa ular tidak mengalir melalui peredaran darah.
  5. Bersihkan luka gigitan ular tersebut tapi jangan gunakan air, lalu tutup dengan kain yang bersih dan kering.
  6. Selanjutnya gunakan bidai atau spalk untuk mengurangi pergerakan daerah yang terkena gigitan.
  7. Saat terkena gigitan ular jangan lakukan hal-hal berikut ini :
  • Jangan menggunkan torniket untuk membendung daerah yang terkena gigitan
  • Jangan minum alkohol dan kafein.
  • Jangan pakai es untuk mengompres luka gigitan ular.
  • Jangan mencoba untuk membuang racun dengan cara menghisapnya, atau bahkan memotong daerah gigitan ular untuk menghilangkan bisanya.
  1. Akan lebih baik jika anda membawanya segera ke dokter setelah melakukan pertolongan pertama, terlebih lagi jika sampai merasa demam dan tidak sadarkan diri.

Semoga artikel Panduan Pertolongan Pertama Untuk Gigitan Ular diatas bermanfaat untuk Anda 🙂

Incoming search terms:

  • luka gigit ular
  • ular bidai
Leave a Reply