Penyebab Gusi Berdarah dan Cara Mengatasinya (Wajib Baca)

On Monday, November 23rd, 2015 Categories : Kesehatan
Advertisement

Penyebab Gusi BerdarahPenyebab Gusi Berdarah – Pernahkah anda mengalami gusi berdarah pada saat menggosok gigi? Perlu anda ketahui, jika gusi di dalam mulut kita terdapat banyak sekali pembuluh darah yang berukuran sangat kecil dan rapat, sehingga gusi memiliki warna kemerahan dan faktor inilah yang juga dapat membuat gusi sangat rentan berdarah. Selain itu, gusi juga merupakan salah satu jaringan yang berfungsi untuk menyokong gigi, sehingga jika gigi kita bermasalah gusi pun akan ikut terkena dampaknya.

 

Lalu, apa penyebab gusi berdarah?

Gusi berdarah dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor lokal dan juga faktor sistemik :

 

  1. Faktor penyebab lokal pada gusi berdarah dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain seperti :

 

  • Kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut

Bagi mereka yang malas untuk menggosok gigi secara rutin 2 kali sehari, maka dapat mempermudah terbentuknya plak, tartar dan juga karang gigi (kalkulus) yang disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi. Jika hal ini dibiarkan dan tidak segera membersihkan gigi dengan cara menggosok gigi secara rutin setiap hari, maka dapat menyebabkan terjadinya iritasi dan juga peradangan pada gusi. Peradangan inilah yang merupakan faktor penyebab pada gusi berdarah.

  • Mengalami trauma pada gusi

Hal ini dapat terjadi jika terlalu bersemangat pada saat menggosok gigi atau karena menggunakan sikat gigi yang berbulu sikat keras, sehingga dapat membuat gusi mengalami trauma. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah jenis sikat gigi yang berbulu lembut dan ganti sikat gigi dengan yang baru maksimal 3 bulan sekali.

  • Posisi gigi miring atau mal posisi

Posisi gigi yang tidak semestinya atau gigi miring dapat memudahkan makanan masuk dan terjebak disana, sehingga sangat sulit untuk dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi. Kondisi seperti ini biasanya sering terjadi pada gigi graham yang berada paling belakang (molar 3), maka jika tidak segera dilakukan penanganan dapat berakibat terjadinya peradangan dan juga gusi akan mudah berdarah.

  • Penyakit periodontal

Peradangan pada gusi (gingivitis) jika tidak segera diatasi atau diobati dapat berakibat timbulnya jenis penyakit periodontal, kondisi seperti ini dapat membuat peradangan pada gusi akan semakin menyebar pada jaringan lainnya dan juga pada bagian tulang yang berfungsi untuk menyokong gigi, bahkan parahnya lagi gusi akan mengalami infeksi dan bernanah.

 

  1. Faktor penyebab Sistemik pada gusi berdarah dapat disebabkan oleh karena adanya masalah di dalam tubuh secara keseluruhan seperti :

 

  • Kekurangan asupan vitamin C

Kondisi seperti ini secara medis dikenal dengan istilah Scurvy, jika terlalu lama dibiarkan dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak, terasa sakit dan mudah berdarah. Hal ini dapat terjadi karena tubuh mengalami kekurangan asupan vitamin C, maka sebaiknya perbanyak konsumsi buah-buahan dan juga sayuran yang memiliki banyak kandungan vitamin C nya.

  • Kekurangan asupan vitamin K

Vitamin K ini memiliki kemampuan dalam proses pembekuan darah, sehingga jika tubuh mengalami kekurangan vitamin K dapat membuat gusi rentan terluka dan berdarah.

  • Terjadinya perubahan hormon

Biasanya para kaum perempuan akan mudah sekali mengalami perubahan hormonal seperti pada masa pubertas, saat hamil ataupun pada saat fase postmenopause. Terjadinya perubahan hormon pada perempuan, terutama pada saat hamil dapat menyebabkan gusi menjadi lebih sensitif dan mudah sekali berdarah.

  • Terjadinya gangguan pada proses pembekuan darah

Resiko mengalami gusi berdarah akan semakin besar jika tubuh sedang mengalami gangguan pada proses pembekuan darah seperti pada penderita leukemia, hemophilia dan juga ITP (Idiopatic Thrombocytopenic Purpura).

  • Obat-obatan

Mengkonsumsi jenis obat-obatan seperti warfarin, heparin dan juga aspirin secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping terhadap proses pembekuan darah, sehingga dapat membuat gusi menjadi mudah berdarah.

  • Penyakit kanker

Penyebab lain pada gusi berdarah adalah pada mereka yang mengidap penyakit kanker, seperti leukemia (kanker darah) ataupun multiple myeloma (kanker sumsum tulang).

 

Apakah gusi berdarah dapat diobati, bagaimana caranya?

  1. Selalu rutin menjaga kebersihan gigi setiap hari, karena kebersihan pada gigi merupakan hal yang paling utama untuk mencegah terjadinya masalah pada kesehatan gusi.
  2. Lakukan cara menggosok gigi yang baik dan benar, karena menggosok gigi dengan terburu-buru atau terlalu bersemangat malah akan merusak gigi dan gusi anda. Gunakan juga jenis sikat gigi yang berbulu lembut, serta rutin menggantinya setiap 2-3 bulan sekali.
  3. Rutin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi selama 6 bulan sekali, segera konsultasikan jika anda mengalami permasalah seputar kesehatan mulut dan gigi sehingga dokter dapat segera melakukan penanganan mengenai masalah anda.

Nah, itulah penjelasan yang dapat saya sampaikan kepada anda semua mengenai penyebab gusi berdarah. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda semua dan sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • mengatasi berdarah lokal
Advertisement
Leave a Reply