Pertolongan Pertama Untuk Sesak Napas

On Saturday, May 9th, 2015 Categories : Kesehatan
Advertisement

pertolongan pertama pada saat sesak napasPertolongan Pertama Sesak Nafas – Seringkali kita menjumpai banyak orang yang menderita sesak napas di sekitar kita. Baik itu sesak napas karena memang penyakit bawaan dari atau karena masalah lainnya. Namun terlepas dari itu semua, saat ia kambuh tentu akan sangat kasihan sekali jika tidak segera ditangani. Sesak napas sendiri merupakan suatu kondisi dimana seseorang tidak mampu mendapatkan cukup udara. Namun dalam bahasa medis penyakit sesak napas ini dikarenakan adanya pengetatan yang terjadi pada bagian dada atau perasaan napas yang sesak saat bernapas. Munculnya sesak napas ini sendiri bisa terjadi berulang kali atau bisa juga hanya sesekali.

Munculnya sesak napas yang terjadi pada seseorang bisa disebabkan karena beberapa faktor seperti penyakit bawaaan dari lahir, karena kekurangan oksigen atau udara, akibat latihan yang terlalu berat, suhu yang ekstrim, berada di dalam ruang yang tertutup rapat dan lain sebagainya. Sesak napas sendiri bisa menyerang siapa saja tak peduli apakah orang tersebut memiliki riwayat kesehatan pernapasan yang bermasalah atau orang tersebut dalam kondisi sehat. Namun jika orang yang menderita sesak napas seringkali konstan atau berulang-ulang ada baiknya untuk mengkonsultasikannya dengan dokter.

Saat sesak napas seseorang kambuh, maka alangkah baiknya untuk segera melakukan pertolongan pertama untuk mengurangi kesakitan yang dialami oleh orang penderita sesak napas itu. Pertolongan pertama yang harus anda lakukan diantaranya yaitu :

1. Evakuasi

Saat seseorang sedang sesak napas, pindahkan ia ke dalam tempat yang lebih lapang dan lebih sejuk. Dengan berada di tempat yang lebih tenang dan lapang, selain ia akan mendapatkan asupan udara yang cukup, situasi tenang juga memberikan dampak yang bagus untuk penderita sesak napas. Usahakan juga untuk membuatnya merasa rileks dan nyaman. Selain itu hindarkan juga ia dari segala sesuatu yang menyebabkan ia terkena sesak napas.

2. Posisi tidur

Orang yang terkena sesak napas akan mengalami kesulitan saat ia bernapas karena danya penyempitan yang terjadi di saluran pernapasannya. Usahakan saat merawatnya posisikan ia dalam keadaan setengah tidur dan setengan berbaring. Berikan bantalan pada area punggung. cara ini akan lebih memudahkan saluran pernapasannya menjadi lebih terbuka. Jangan baringkan ia dalam keadaan terlentang atau malah telungkup. Kecuali jika ia berada dalam kondisi tertentu dan bisa tidur dalam posisi ini malah akan memperparah.

3. Kondisi hangat

Jaga selalu penderita sesak napas untuk selalu dalam keadaan merasa hangat. Karena biasanya hawa dingin akan memperparah kondisinya. Berika ia jaket atau selimut yang membuatnya merasa hangat. Namun saat ia masih kesulitan bernapas jangan memaksanya untuk minum meskipun minuman tersebut hangat. Anda boleh memberikan minum yang hangat jika memang ia telah dapat bernapas lebih baik.

4. Menggunakan in haler

Bagi yang telah seringkali mengalami sesak napas, biasanya ia akan membawa in haler kemanapun. Jadi saat kambuh sesak napasnya, tanyakan padanya apakah ia sering mengalami sesak napas atau tidak, jika ia maka tanyakan jug a apakah ia membawa in haler atau tidak. Jika ia segera gunakan padanya agar menggunakannya.

5. Mengatur ritme pernapasan.

Meskipun penderita sesak napas akan merasa kesulitan untuk bernapas tetap saja anda harus membimbingnya untuk mengatur ritme pernapasannya, dengan menghirup dalam-dalam, menahannya sebentar kemudian melepaskannya secara perlahan melalui hidung.

Semoga artikel Pertolongan Pertama Untuk Sesak Napas diatas bermanfaat untuk Anda πŸ™‚

Incoming search terms:

  • napas
Advertisement
Leave a Reply