Tips Jitu Mengobati Nyeri Otot

On Monday, May 11th, 2015 Categories : Kesehatan
Advertisement

cara mengobati nyeri otoCara Mengobati Nyeri Otot– Ketika kita sedang melakukan aktivitas sehari-hari tentu tak akan pernah terlepas dari peranan otot. Karena memang fungsi dari otot adalah untuk menggerakkan tubuh. Saat kita melakukan segala aktifitas tersebut tentu secara tidak langsung kita telah memaksa otot untuk terus bekerja. Dan sebagai salah satu bagian dari tubuh, seperti organ-organ yang lainnya, otot pun juga terkadang merasa lelah jika digunakan terus menerus bahkan hingga terjadi cidera otot. Saat hal tersebut terjadi maka yang terjadi adalah munculnya rasa nyeri, rasa kebas pada bagian seperti betis, lengan, leher, dan anggota tubuh lainnya.

Ketika melakukan berbagai aktifitas tersebut, nyeri otot tidak langsung dapat kita rasakan, namun beberapa saat kemudian tiba-tiba saja kita baru merasakannya terutama setelah kita melakukan istirahat. Dan tentunya jika rasa nyeri pada otot tersebut muncul maka tentunya kita akan segera mengobatinya, baik itu dengan cara minum obat, dipijit, diberi balsem, atau dengan cara lainnya. Yang menjadi masalah adalah apakah pengobatan yang kita tersebut aman dan benar?. Untuk itu tentu kita harus mempelajarinya terlebih dahulu. saat otot terasa sakit, maka itu berarti otot anda sedang mengalami luka kecil atau injury yang disebut dengan microdamage dalam serat otot dan juga jaringan ikat sehingga muncul peradangan. Sehingga pada akhirnya, saat kita melakukan pengobatan untuk nyeri otot tentu untuk meredakan peradangan yang terjadi tersebut dan memberikan kesempatan kepada otot agar dapat menyembuhkan dirinya ke bentuk semula dengan cara yang benar.

Beberapa cara pengobatan nyeri otot yang dapat anda lakukan diantaranya :

1. Istirahat

Cara ini merupakan salah satu cara yang paling sederhana dan ampuh untuk mengatasi rasa nyeri ada otot. Dengan melakukan istirahat ini berarti anda telah memberikan kesempatan kepada otot untuk menyembuhkan dirinya sendiri dan mencegah munculnya peradangan yang lebih parah lagi.

2. Obat pereda nyeri

Cara selanjutnya yaitu dengan minum obat. Cara ini terhitung cepat mengatasi sakit nyeri otot. Namun memang akan lebih baik jika anda menggunakan cara lainnya yang lebih alami. Terlebih bagi orang-orang yang memiliki riwayat kesehatan tertentu memang harus mengkonsultasikannya kepada dokter. Untuk obat anti nyeri sendiri anda menggunakan acetaminophen/paracetamol atau obat NSAID seperti ibuprofen, obat aspirin atau naproxen.

3. Pengompresan

Lakukan pengompresan dengan menggunakan es. Ini akan sangat tepat jika rasa nyeri otot yang anda rasakan akibat terkilir, terbentur atau setelah melakukan aktifitas yang berlebihan. Agar tidak merusak kulit maka saat melakukan pengompresan harus menggunakan alas seperti handuk atau kain tipis dan jangan langsung menempelkan es ke kulit. Cara ini akan lebih efektif jika langsung dilakukan saat rasa nyeri itu muncul.

4. Mengolesi dengan obat krim untuk nyeri otot

Saat ini telah banyak sekali beredar dipasaran obat oles untuk meredakan nyeri otot yang berbentuk krim atau gel. Dan memang obat tersebut terbukti lebih aman dan juga afektif untuk menghilangkan rasa nyeri dengan cepat. Karena memang dalam obat oles tersebut juga terdapat obat nyeri atau analgesik yang akan diserap langsung oleh kulit dengan bertahap.

5. Pergi ke dokter

Jika rasa nyeri yang anda rasakan tidak juga kunjung hilang setelah beberapa hari bahkan nyeri otot yang anda rasakan tidak disertai penyebab yang jelas, terjadi ruam pada kulit, kemerahan dan juga bengkak ada baiknya untuk membawa ke dokter.

Semoga artikel Tips Jitu Mengobati Nyeri Otot diatas bermanfaat untuk Anda πŸ™‚

Incoming search terms:

  • cream oles cedera otot
  • crem ya ampuh buat nyeri otot
  • krim otot paling ampuh
  • krim otot paling baik
  • menghilangkan nyeri pada betis saat berolah raga
  • obat krim nyeri otot
  • obat nyeri otot lengan kebentur cream oles obat luar
  • obat nyeri otot yang jitu
  • obat oles nyeri otot
Advertisement
Leave a Reply